Jumat, 22 Juni 2012

berwirausaha ternak parkit,ternak kenari dan ternak love bird

 GAMBARANAI TO IKANAI DA!! ARIGATO NE NIPON
 A. BURUNG PARKIT
assalamualaikum wr.wb.
                sebelumnya perkenalkan nama saya haris alamat klaten jawa tengah indonesia.
saya akan bagi cerita tentang bagaimana cara TERNAK PARKIT !!! sebetolnya untuk kaum awam atau pun pemula  bisa melakukan usaha ini karna usaha untuk ternak parkit menurut saya simple... disamping biaya /modal yg kita gunakan relatif murah dan cara ngrawat nya pun mudah apalagi sekarang bnyak pedagang /pembeli/pengepul parkit dari tiap2 daerah, langsung aja dech ke topik nya
  1. MODAL  
          modal disini jelas karna disetiap kita akan melakukan usaha apapun kita perlu modal ,disini katakan harga pasaran parkit 1 pasang parkit anakan 75-90 ribu dan induk 100-125 ribu,
terserah agan mau mulainya dari mana gan?? (anakan atau langsung induk)
terus tentukan jumlah berapa pasang yg akan di ternak gan??(tentukan/sesuaikan dengan ukuran kandang)
katakan lah 10 pasang parkit anakan @80.000 =Rp. 800.000 dan biaya kandang untuk 10 pasang parkit hanya 200 ribu gan kira2,soalnya harga glodok/rumah parkit cuma Rp.5000/glodok dan Ram/kawat strimin Rp.10.000/meter so saya rasa udah cukup gan,oya satu lagi gan biaya pakan selama 3 bulan untuk 10 pasang kira2 Rp.300.000 so dengan modal  Rp.1.250.000 agan udah bisa wirausaha ternak parkit gan...


      2.PERAWATAN
         untuk perawatan disini juga simple gan yg palingterpenting sangkar/kandang parkit tetap dalam keadaan bersih dan tidak lembap gan karna kalau lembap akan menimbulkan penyakit seperti jamur,flu dan diare,,pastikan dalamkandang terkena sinar matahari gan agar pertumbuhan parkit cepat,ganti selalu air minum jika kotor karna itu juga sangat berpengaruh gan dan untuk air minum agan bisa campur dengan obat2 pencegah penyakit seperti VITACHICK,ANTI JAMUR,TERAPY ...DLL
untuk PAKAN yang jelas burung ini paling suka biji bijian seperti OTEK,MILET ,JEWAWUT...DLL


KEBERSAMAAN BURUNG PARKIT
KESEHATAN PARKIT
KEBERSIHAN PAKAN DAN MINUM

 NB.Bagi agan yang serius pingin usaha ternak parkit Saya juga Melayani pesanan burung parkit ,burung kenary dan lovebird dijamin bibit super karna dari induk yang berkwalitas dan harga terjangkau ,SIAP KIRIM LUAR KOTA BANYUWANGI , JEMBER , SOLO , SEMARANG , BEKASI , JAKARTA DLL  HUB.085716286372

 B. BURUNG KENARI
  
Usia Kenari
Usia menjadi factor penentu berhasil atau tidaknya dalam beternak kenari, usia yang terbaik dalam beternak adalah jangan terlalu muda atau jangan terlalu tua. Kenari siap ternak minimal 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan, tetapi untuk kenari besar seperti Yorkshire dan turunannya sedikit lambat birahi minimal usia 1 tahun.
Jenis kelamin
Anda sebagai peternak harus menguasai ciri-ciri kenari jantan atau betina, dalam menentukan jenis kelamin kenari cukup sulit bagi pemula tetapi bagi hobis senior sangat mudah menentukannya mereka cukup melihat dari postur tubuh kenari walaupun dalam kasus tertentu Kadang-kadang ada kenari yang sangat sulit ditentukan jenis kelaminnya.


KENARI F2 & F3


Proses penjodohan.
Jika anda sudah mempunyai sepasang kenari dengan usia siap ternak proses selanjutkan yaitu proses  penjodohan. Proses penjodohan yaitu kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda, dan kedua sangkar tersebut ditempatkan saling berdekatan. Dalam hal ini banyak new comer (peternak pemula) yang tidak sabar menjalani proses penjodohan mereka langsung masukin jantan dan betina kedalam satu kandang.
Dengan adanya proses penjodohan anda akan mengetahui kesiapan kenari tersebut, jika belum jodoh langsung dimasukan ke dalam satu sangkar akibatnya kedua kenari tersebut bisa berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara keduanya dan salah satu kenari ada yang kalah maka waktu penjodohan akan lama lagi, terutama jika yang kalah kenari jantan proses penjodohan semakin lama karena anda harus mengkondisikan si jantan agar berani mendekati betinanya. Ada beberapa tip untuk meningkatkan birahi yaitu :
  1. Kenari di beri makanan yang bergizi tinggi seperti telor puyuh, multivitamin dll.
  2. Dijemur setiap pagi
  3. Pada saat menjemur dan proses penjodohan sangkar jantan dan betina digandengkan terus menerus, kalau ada jantan lain sekali-kali dipanas-panasin dengan menggunakan jantan lain.
  4. Disangkar tempat betina disediakan sangkar berikut isinya.
  5. Jangan lupa berdo’a agar kenari yang diternak bisa cepat jodoh dan menghasilkan anak yang berkualitas.

Proses Ternak.
Proses selanjutnya yaitu menyatukan kedua kenari tersebut. Adapun cirri-ciri kenari siap ternak (sudah jodoh) yaitu :
  1. pada saat jantan didekatkan dengan betina sijantan akan mengejar/menabrak sangkar dengan bunyi yang kenceng dan betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya tanda  minta kawin.
  2. Pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari betina dan jantan tidur berdekatan.
  3. Sewaktu-waktu antara kenari betina dan jantan saling meloloh makanan.
  4. Jika didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kenari betina akan menyusun atau merapihkan isi sarang, jika isi sarang sudah disusun biasanya betina siap ternak.
Dalam menyatukan kedua kenari tidak ada aturan waktu yang baku anda boleh kapan saja menyatukannya, hanya pengalaman saya waktu yang terbaik yaitu sore hari. Dengan menyatukan sore hari diharapkan pada malam hari keduanya sudah rukun sehingga pagi harinya sudah jodoh. Karena sudah mengalami masa penjodohan maka pada saat penyatuan tidak terlalu riskan berantem tetapi kita harus terus memantau karena takutnya terjadi berantem.
Setelah keduanya rukun coba perhatikan isi sarang kalau isi sarang kotor maka ganti isi sarang tersebut dan sebagian isi sarang simpan di dasar sangkar biasanya isi sarang didasar sangkar akan dipindah ke dalam sarang. Untuk memperhalus sarang kenari betina biasanya suka mencabuti bulu halus jantannya atau bulu halus dari kenari betina, biasanya jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus tandanya tidak lama lagi induk betina akan bertelor

ANAKAN KENARI AF

KENARI IMPOR


KENARI AF PUTIH CAKEP


 C. LOVE BIRD
  A. KANDANG

Lovebird adalah salah satu burung yang cukup lincah , suka bermain dan suka beterbangan kesana kemari. Maka harus diusahakan kandangnya harus cukup luas, selain itu lovebird cenderung terbang kearah horizontal dan arah vertikal. Maka usahakan kandang lovebird lebih memanjang kesamping dan menjulang keatas.
Ukuran kandang minimal untuk sepasang lovebird adalah 80x40x40 cm. untuk penangkaran kandang ini sudah cukup.


Bagi pemula yang ingin ternak lovebird sepasang dua pasang cukup beli kandang jadi yang banyak dijual di pasaran.

Jika ingin memelihara lovebird sekaligus dalam satu kandang (kandang koloni), maka dibutuhkan kandang yang lebih besar lagi. Setiap pasang lovebird membutuhkan ruangan kurang lebih 0,12 meter kubic. Sebagai perkiraan kandang dengan panjang 2 meter, lebar 1 meter dan tinggi 1,5 meter cukup untuk sekitar 5 pasang lovebird.

Lovebird adalah burung yang suka mengerat dan memiliki paruh yang cukup tajam, maka kalau membuat kandang sendiri usahakan dari besi, tetapi untuk kemudahan pembuatan biasanya dibuat dari kayu, tetapi yang kedalam seyogyanya dilapisi dengan plat seng atau alumunium. Untuk jeruji usahakan yang kokoh, carilah kawat loket yang tahan karat (terbuat dari galvanis), jangan yang dengan kawat loket yang dicoating (kawat yang didalam kecil).

Usahakan jarak kawat loket 1-2 cm persegi, kawat ini juga berfungsi sebagai pengaman dari hewan-hewan pemangsa seperti tikus maupun kucing.

Letak kandang minimal 1 meter dari tanah, hal ini membuat lovebird lebih nyaman karena di alam bebas lovebird lebih sering hidup diatas pohon dari pada di permukaan tanah. Selain itu letakkan kandang pada tempat yang teduh tetapi tetap terkena cahaya matahari langsung, terutama di pagi hari. Lovebird membutuhkan sinar matahari untuk menjaga kondisi tubuhnya.

Kandang yang ideal adalah menghadap kearah matahari terbit, sehingga lovebird akan kena sinar matahari sampai jam 10 pagi.

LOVE BIRD LUTINO AND PASTLE

       NB.Bagi agan yang serius pingin usaha ternak parkit Saya juga Melayani pesanan burung parkit ,burung kenary dan lovebird dijamin bibit super karna dari induk yang berkwalitas dan harga terjangkau ,SIAP KIRIM LUAR KOTA BANYUWANGI , JEMBER , SOLO , SEMARANG , BEKASI , JAKARTA DLL HUB.085716286372

I LIKE GOOGLE BECAUSE I CAN FIND ANYTHING FROM YOU

 

11 komentar:

  1. untuk awal harga sepasang burung kenari berapa gan. Dan biaya ongos kirim kebekasi berapa....

    BalasHapus
  2. pesanan minimal berapa utk indukan parkit gan?

    BalasHapus
  3. MANTAF GAN INFONYA....1 PASANG PARKIT MATA MERAH BERAPA YAH? OIYA PLUS ONGKIR KE JAKARTA TIMUR....THANKS

    BalasHapus
    Balasan
    1. hub no ini mas saya punya banyak 087805434655

      Hapus
  4. gan bisa kirim ke jatim ? sidoarjo tepatnya gan ?

    BalasHapus
  5. harga kenari start blue brpa bang..!!

    BalasHapus
  6. parkit pembelian 20 berapa duit dan kenari pembelian min 20 berapa duit

    BalasHapus